CAPAIAN PEMBELAJARAN
ASPEK | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
SIKAP | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | |
Menginternalisasi nilai, norma, etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
Mendukung dan mengusahakan implementasi pedoman kehidupan Islami dalam lingkup kehidupan pribadi, keluarga, profesi, masyarakat, warga negara dan warga dunia. | |
Menginternalisasi misi persyarikatan Muhammadiyah dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat; Menjunjung tinggi universalitas nilai ajaran Islam yang berpusat pada ketauhidan. | |
ASPEK | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
PENGUASAAN PENGETAHUAN | Menguasasi dan memahami prinsip-prinsip ilmu komputer, matematika, algoritma, manajemen, dan kreativitas dalam pengembangan produk dan jasa teknik komputer. |
Mengetahui dan menerapkan teori bidang pengetahuan sistem informasi dan teknologi komputer secara umum dan konsep teori khusus dalam bidang pengetahuan secara mendalam serta mampu melakukan penyelesaian masalah secara prosedural. | |
Mengetahui dan menerapkan metode dan teknik pembelajaran ilmu komputer dalam memahami lingkungan berbasis komputer dan digitalisasi guna menghasilkan inovasi. | |
Mengetahui dan menerapkan prosedur praktek dalam Ilmu Komputer dari segi pandangan agama, sosial, dan kemuhammadiyahan | |
Mengetahui perkembangan kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan dunia digitalisasi modern. | |
Memahami metode, pendekatan, strategi, dan teknik penelitian dalam pembelajaran ilmu komputer, memiliki pengetahuan tentang literatur penelitian berbasis teknologi informasi. | |
Menguasai ilmu dan keterampilan dalam praktek pemasaran berbasis teknologi informasi, digitalisasi dan komputer. | |
ASPEK | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KETERAMPILAN UMUM | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keahliannya. |
Mampu menganalisa fenomena kehidupan sosial masyarakat menggunakan konsep dasar ilmu komputer, perangkat lunak, sistem informasi dan analisis big data computer. | |
Mampu mengidentifikasi masalah perkembangan sosial masyarakat berdasarkan tahap pertumbuhan dan perkembangannya teknologi komputer di era industri 4.0. | |
Mampu mengevaluasi konsep Ilmu Komputer | |
Mampu mengambil keputusan secara efektif dan efisien dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahlian berdasarkan analisis komputer dan informasi data yang akurat. | |
Mampu mengembangkan interkoneksi kerja dengan berbagai pihak internal maupun ekternal diluar lingkungan kerjanya. | |
Mampu melaksanakan aktivitas wirausaha hingga menghasilkan keuntungan berdasarkan keterampilan menggunakan teknologi komputer dalam pengelolaan informasi. | |
ASPEK | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KETERAMPILAN KHUSUS | Memiliki pemahaman intelektual dan kemampuan untuk menerapkan matematika dasar, algoritma dan teori ilmu komputer. |
Memiliki kemampuan perspektif kritis dan kreatif dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan pemikiran komputasi & Sistem Informasi. | |
Mampu menggunakan keterampilan yang relevan dalam mempelajari area ilmu komputer untuk meningkatkan produktivitas. | |
Mampu menganalisis kebutuhan masyarakat dan mengambil peluang usaha dengan melakukan penelitian melalui pemanfaatan teknologi komputer dalam memanfaatkan informasi dan komunikasi dalam dunia kerja. | |
Mampu membuat model, sistem, alat dan prototype dengan konsep ilmu komputer baik software maupun hardware secara kreatif, inovatif dan tepat guna dalam upaya mencari solusi penyelesaian masalah. | |
Mampu mempelajari model baru, teknik, teknologi dan peralatan untuk menerapkan efektivitas dalam meningkatkan kualitas diri sepanjang hayat. | |
Mampu membuat sistem informasi dalam upaya pengembangan Ilmu Komputer di era industri 4.0. |